Kamis, 28 Desember 2023

Nagari Koto Tangah Mekarkan Kejorongan, Diresmikan Bupati Hamsuardi

Space Iklan Anda

 

 Peresmiaan Pemekaran Kejorongan di Nagari Koto Tangah



Pasaman Barat, prorakyatnews.com ----- Nagari Koto Tangah Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, sukses gelar peresmian kejorongan di nagari tersebut. Peresmian dilaksanakan pada Kamis 28 Desember 2023 bertempat di  Kejorongan Lubuk Gadang Nagari Koto Tangah. 


Peresmian Pemekaran kejorongan tersebut terlaksana tak lepas dari dukungan Walinagari Koto Tangah, Khairunnas SPdi, M.Pd beserta Sekertaris Nagari, Askolan. Juga atas kolaborasi yang baik dengan Ketua Bamus Koto Tangah, Nadrizal SPd dan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat  Nagari.


Peresmian dihadiri langsung oleh Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi SAg dan turut juga dihadiri  kepala Bappeda kabupaten Pasaman Barat, Kepala dinas kesehatan Pasaman barat, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat nagari. Juga dihadiri Camat Koto Baingka, Bahrul Ilmi SPd  serta Babinkamtibmas koto balingka, Babinsa Nagari koto Tengah, jorong lubuk gadang, dan tokoh masyarakat lainnya.

 

Sekretaris Nagari Koto Tangah, Askolan merasa bersyukur atas  suksesnya pelaksanaan Peresmian Pemekaran wilayah kejorongan Koto Tangah. 


Dijelaskan, bahwa Nagari Koto Tangah  mempunyai jumlah Penduduk lebih kurang 1633 Kepala keluarga. Sehingga, dengan padatnya penduduk di nagari itu, diperlukan pemekaranan kejorongan.


"Pemekaran jorong ini banyak manfaatnya. Seperti peningkatan  pelayanan masyarakat, " katanya


Menurutnya, dengan pemekaran jorong juga akan lebh terdata warga yang layak dapat bantuan seperti beras Bulog, Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bantuan lansia serta bantuan lainnya.




Saat ini dengan pemekaran jorong, Nagari Koto Tangah memiliki tujuh kejorongan yaitu: jorong lubuk gadang, Jorong ulu simpang, jorong Labuai, jorong Tamiang Ampalu, jorong lubuk gadang Utara, jorong lubuk gadang selatan dan jorong lubuk Tamiang Ampalu Utara. 


Sedangkan yang diresmikan sebagai kejorogan yang baru adalah kejorongan Lubuk Gadang Utara, jorong Lubuk Gadang Selatan dan jorong Tamiang Ampalu Utara, jelas Sekna, Askolan. 


Salah seorang tokoh masyarakat, Isman Antono dalam sambutannya megatakan, menyambut baik dengan pemekaran jorong. Sebab apa yang diharapkan dan cita-citakan masyarakat  telah menjadi kenyataan.. 


Dengan pemekaran jorong lanjutnya, pegawasan dan kontrol sosial akan lebih baik. Apalagi Nagari Koto Tengah ini merupakan nagari yang baru defenitif. Kelak akan  semakin maju dengan pembenahan dan program-program yang akan menambah pendapatan asli nagari. 


Sementara itu, Bupati Hamsuardi  dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya pemekaran kejorongan di Nagari Koto Tangah itu merupakan suatu kemajuan dan peningkatan pelayanan  pada masyarakat. 


Menurut Hamsuardi, ada tiga faktor pendukung kemajuan suatu daerah, yaitu politik, pegusaha dan pemerintah. Kolaborasi dan sinergitas ketiganya merupakan salah satu garda terdepan menuju generasi emas tahun 2045. Setidaknya tidak tertinggal dari  daerah yang  lebih dahulu maju.


Bupati berpesan agar masyarakat nantinya memilih calon kepala jorong yang mau melayani masyarakat dengan baik dan mampu bekerja keras. Selain itu jangan bersikap apatis acuh tak acuh pada masyarakat. Sehingga menimbulkan kekacauan dan  jangan ada pemekaran adat hanya membuat kehancuran.


Salah seorang tokoh pemuda,  Suryadi juga merasa bangga telah suksesnya peresmian pemekaran kejorongan di Nagari Koto Tangah dan mendukung penuh demi kemajuan bersama dan berharap  lebih banyak lagi bantuan buat masyarakat nantinya. ****.M. hidayat / Irz

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Headline News

Back to Top