Senin, 01 Januari 2024

Hasil Seleksi KPPS Nagari Pematang Panjang Dipertanyakan, Ini Kata Ketua PPS

Space Iklan Anda


 Kesibukan ketika pendaftaran KPPS di Nagari Pematang Panjang 


Pasaman Barat, prorakyatnews.com ------ Hasil seleksi Calon Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 di Kenagarian Pematang Panjang Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, yang diumumkan Pantia Pemungtan Suara (PPS) Nagari Pematang Panjang pada 30 Desember 2023, dipertanyakan berbagai pihak.

 

Salah seorang warga jorong Pegambiran, Arianto, calon yang ikut mendaftar, kepada wartawan media ini, Senin (1/1/2024) mengatakan, ia merasa kecewa, yang menurutnya tidak transparan.  


Kekeh Naluri juga mengungkapkan hal serupa. Begitupun Parlindungan, juga merasa kecewa. Bahkan ia melihat lebih banyak perempuan yang mengisi formasi KPPS. Menurutnya, hasil seleksi kurang terukur dan kurang pertimbangan. 


Salah seorang kepala jorong, Defrianto  bahkan berpendapat dan  berharap dapat ditinjau ulang penetapan calon KPPS terpilih dengan melihat lebih objektif potensi calon.  

 

Wali Nagari Pematang Panjang, Herman Pargauli A.Ma dan sekertaris Nagari, Hartoni S.H yang dihubungi mengatakan dalam penetapan calon terpilih pihaknya tidak ikut campur dan memang tidak ada konfirmasi dari PPS dalam penunjukan anggota KPPS. Ia berharap agar anggota KPPS terpilih benar-benar yang terbaik.

 

Sementara itu, Ketua PPS Nagari Pematang Panjang, Ahmad Khalis yang dikonfirmasi Senin (01/ 01/2024 mengatakan, penetapan calon terpilih untuk KPPS Nagari Pematang Panjang telah melalui suatu proses tahapan seleksi sesuai aturan yang berlaku. Dan berdasarkan penilain kriteria dan kompetensi masing-masing calon.

 

Transparansi jelasnya dilakukan mulai dari pengumuman pendaftaran yang dilakukan secara terbuka dengan menempelkan informasi di sekretariat dan juga lewat media sosial. Kemudian keterbukaan informasi dengan pengumuman hasil seleksi administrasi. Serta pemberian masa tanggapan masyarakat terhadap calon anggota KPPS dan pengumuman hasil seleksi secara terbuka.

 

“Transpransi dilakukan sejak awal tahapan hingga penetapan calon terpilih jadi tidak benar kalau dikatakan tidak transparan, “ kata Khalis yang dikonfirmasi lewat telephon seluler, Senin (01/01/2024)..

 

Dijelaskan bahwa pelaksanaan seleksi telah dilaksanakan sesuai prosedur,  PPS menetapkan anggota KPPS berdasarkan hasil penelitian administrasi, tanggapan dan masukan masyarakat, serta pertimbangan lain yang relevan. Seperti penilaian pengalaman calon, juga kemampuan IT dan dirapatkan bersama anggota PPS dalam rapat pleno.

 

“Dengan berbagai pertimbangan dan masukan terhadap calon bahkan memperhatikan juga domisili dan ada yang dicari informasi dengan komunikasi lewat handphone pendaftar, selanjutnya kami bawa dalam forum rapat pleno PPS dan menetapkan calon terpilih, “ jelas Khalis.

 

Adapun calon yang mendaftar jelasnya, adalah sebanyak 151 orang,  yang dinyatakan lolos administrasi 149 orang dan yang lulus terpilih  berdasarkan rapat pleno tanggal 29 Desember 2023  adalah sebanyak  98 orang dengan jumlah 14 TPS. *** M. HIDAYAT/ IRZ

 

    

 


Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Headline News

Back to Top