Minggu, 17 Desember 2023

MPID PDM Pasbar Gelar Pelatihan Jurnalistik Angkatan 1

Space Iklan Anda

  




PASBAR, prorakyatnews.com ---Majelis Pustaka Informasi Dan Digitalisasi (MPID) PDM Kabupaten Pasaman Barat menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Angkatan 1 untuk AUM Pendidikan di Pasaman Barat. Pelatihan diselenggarakan di Kompleks Pondok Pesantren Islamic Centre Muhammadiyah Alamanda Kinali Pasaman Barat, Ahad 17 Desember 2023.


Pelatihan ini mengambil tema "Mewujudkan Jurnalistik Muhammadiyah yang Profesional, Berintegritas, dan Berkemajuan".  Acara dibuka oleh Denni Meilizon selaku Wakil Ketua PDM Kab. Pasaman Barat dan  Kusnan Wakil Ketua PDM Kabupaten Pasaman Barat. Narasumber kegiatan ini  yaitu Musriadi Musanif (Pimred Portal Berita MenaraMU), Nova Indra (Wakil Pimred Portal Berita MenaraMU) dan Denni Meilizon (Waka PDM, Pembina PWII Pasaman Barat). 


Duapuluh tiga (23) orang peserta yang  terdiri dari guru-guru tingkat SDTM dan MIM, SMPM, MTsM, SMAM dan MAM menghadiri acara ini.  Peserta terlihat antusias dalam mengikuti pelatihan. Disampaikan Ayu salah seorang peserta dan Guru MTs Muhammadiyah Alamanda, pelatihan jurnalistik secara pribadi menambah wawasan untuk mengajar dalam mata Pelajaran TIK, jadi tidak hanya sekedar pengembangan literasi ataupun jurnalistik. Hal ini mendorong Ayu untuk lebih aktif mengaplikasikan dan mengkolaborasikan pengetahuuan TIK dan Jurnalistik kepada siswa di madrasah.


Tujuan diselenggarakannya pelatihan jurnalistik ini disampaikan Andris Ketua MPID PDM Pasaman Barat sebagai wadah untuk menghidupkan dan mengembangkan kemampuan Kader Persyarikatan Muhammadiyah Pasaman Barat dalam menjawab tantangan digitalisasi sehingga terbentuk jurnalis yang handal.


Pesan senada juga disampaikan Denni Meilizon Waka PDM Kabupaten Pasaman Barat koordbid Pembinaan Kader dan. AMM, Pustaka dan Informasi, bahwa sebagai sebuah program untuk selanjutnya  seluruh AUM akan terus diarahkan lebih aktif dalam Gerakan literasi dan jurnalistik. Kalau perlu diwajibkan, bahwa setiap AUM didorong untuk mempunyai target hasil dari literasi maupun jurnalistik sejauh mana pengembangan setiap semesternya di masing-masing AUM. Selanjutnya pelatihan Jurnalistik akan terus diadakan dengan jangkauan yang lebih luas dalam lingkup Persyarikatan. 


Nova Indra selaku narasumber menyampaikan perkembangan Jurnalistik tidak hanya di bidang Pendidikan tetapi bisa meluas ke ranah kesejahteraan dengan upaya membangun sarana website ataupun portal digital yang mencatat serta mempublikasi kegiatan serta peristiwa Persyarikatan di Pasaman Barat. 


Menurut Zikri sapah seorang peserta yang berasal dari MTsM Kajai, ia berharap pelatihan Jurnalistik ini dapat terus diadakan guna membangun motivasi literasi di daerah Pasaman Barat, karena indeks literasi Pasaman Barat baru masih berada pada rangking yang cukup rendah. 


Melihat materi yang disampaikan narasumber dari pentingnya memahami sastra dan jurnalistik, Teknik penulisan, dan manajemen website hingga menjadi blogger tentunya hal ini sangat sejalan dengan program-program yang akan terus diselenggarakan tim MPI PDM Pasaman Barat pada sesi selanjutnya.


Praktik menulis berita didampingi Musriadi Musanif yang juga merupakan seorang wartawan kawakan. 


Karena Pelatihan Jurnalistik Angkatan 1 ini dikatakan berhasil, maka tentunya akan terus dikembangkan pada Pelatihan Jurnalistik Angkatan 2 dan seterusnya sebagai follow up dari pelatihan sebelumnya. (RN)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Headline News

Back to Top