Minggu, 31 Oktober 2021

Yulison Sarankan Bupati Bentuk Bagian Humas dan Protokoler

Space Iklan Anda

 Yulison

Pasaman Barat I prorakyatnews.com----Mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemerintah  Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Yulison menyarankan agar Pemkab Pasbar mengevaluasi struktur organisasi khususnya di lingkungan sekretariat daerah.

 

Salah satu yang dinilainya perlu direvisi adalah pembentukan Bagian Humas yang berada langsung di bawah sekretariat dan lepas dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pasbar.  Dan untuk lebih efisiennya Bagian Protokoler yang ada saat ini disatukan ke Bagian Humas dan Protokoler.

 

 

Alasannya, untuk efektifitas, efisiensi dan peningkatan kinerja humas itu sendiri. Dan bisa lebih hemat anggaran.

 


Hal tersebut disampaikan  Yulison, ketika diminta pandangannya belum lama ini. Sebelumnya ia juga pernah berpengalaman menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Humas ketika ia masih aktif sebagai PNS dan belum purna bakti. Waktu itu di masa kepemimpinan Bupati Baharuddin R.


 

“Saya rasa suatu kerugian kalau humas tidak berada langsung di bawah sekretariat. Sebab, kegiatan bupati atau kepala daerah tak terpantau. Mengakibatkan kegiatan yang perlu dipublis tidak ada yang meliput, “ kata Yulison.

 

 

Bidang humas yang di kominfo saat ini jelasnya,  sifatnya menunggu perintah kepala dinas tidak langsung ke bupati. Kalau dulu ketika humas jadi bagian, maka humas langsung ke bupati. Walaupun secara adminsitrasi tetap melalui asisten dan sekda dan operasional oleh pimpinan daerah. Apalagi  humas merupakan mata teling hidung dan mulut penerangan dari pemerintah daerah.

 

 

Lanjutnya, jika sebagai Bagian Humas di sekretariat, maka akan lebih cepat karena jika ingin tahu kegiatan bupati dapat langsung diminta ke ajudan bupati terkait catatan agenda bupati. Kalau di bawah Dinas tentu oleh kepala dinas dulu baru ke bidang humas.

 

“Dulu waktu saya jadi kabag humas ketika bupati Pak Baharuddin R,  kabag humas dan kakansospol bisa langsung ke bupati dan berita yang bersifat program umum Pemkab bisa diekspos langsung ke pers. Sedangkan yang berupa kebijakan bupati atau pemda langsung ke bupati dan pers didampingi oleh kabag humas, “ kata Yulison.

 

 

Menurutnya, jika Bagian Humas digabung dengan Protokoler, maka point beban kerjanya sudah cukup untuk menjadi Bagian tersendiri. Protokoler menjadi Kasubag sebagi eselon IV. Maka akan lebih efektif dan efisien.

 

 

Sebab lanjutnya, jika eselon III, tentu banyak pemborosan seperti pengadaan mobil dinas dan tunjangan jabatan, ditambah lagi personil eselon IV nya dan sebagainya. Sedangkan protokoler tidak ada beradaptasi dengan masyarakat beda dengan humas merupakan kegiatan timbal balik. Jadi menurutnya, perlu ditinjau kembali oleh Bupati Pasbar. 


Kemudian dia juga menilai bahwa jika bidang Humas lepas dari Diskominfo dan menjadi bagian tersendiri, akan lebih efektif melayani pers dan hak informasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Sebab, Humas yang memfasilitasi  informasi antara pemerintah dan masyarakat. Diskominfo pun akan lebih fokus pula pada beban kerja lain yang berkaitan dengan informatika dan elektronik, jaringan internet dan lainnya untuk peningkatan PAD Pasaman Barat, "ujarnya. ***i/


Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Headline News

Back to Top