Jumat, 01 Oktober 2021

Pemkab Pasbar Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021

Space Iklan Anda

 

 Peringatan Hari Kesaktian Pancasila


Pasbar, prorakyatnews --- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021 yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, di Monumen Pancasila Sakti, Jumat (1/10) secara virtual di Aula kantor bupati setempat.

Hari kesaktian pancasila diperingati untuk mengingatkan masyarakat, tentang ideologi Pancasila yang tidak bisa digantikan oleh paham lainnya. Hari Kesaktian Pancasila erat kaitannya dengan Gerakan 30 September (G30S/PKI). Peristiwa tersebut menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur.

Sebelumnya, masyarakat Pasbar juga telah dihimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September sebagai tanda duka wafatnya beberapa perwira AD. Pada 1 Oktober, mengibarkan bendera satu tiang penuh sebagai simbol kemenangan atau kesaktian pancasila yang mampu menangkal ancaman ideoligi komunis.

Dalam pembacaan ikrar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, berharap Hari Kesaktian Pancasila dijadikan sebagai momentum dalam menegakkan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

"Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia", tegas Puan Maharani.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, ia menegaskan peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan sebagai momentum mempererat Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Tanpa pancasila, tanpa Bhinneka Tunggal Ika kita akan bercerai berai. Hari Kesaktian Pancasila ini tentu akan mempererat rasa persatuan kesatuan menuju Indonesia Tangguh yang Berlandaskan Pancasila",ujarnya.

Risnawanto juga mengajak generasi muda sebagai generasi penerus, untuk memaknai arti Pancasila yang merupakan lambang Negara Republik Indonesia.

"Para pemuda saat ini mungkin belum fokus dalam memaknai arti Pancasila. Tentu kami mengajak generasi muda, para pelajar, dan mahasiswa, mari kembali kepada Pancasila. Melanjutkan perjuangan para pahlawan kita dalam mempertahan kesatuan negara kita", ujar Risnawanto.

Hadir dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Pasaman Barat, Sekretaris Daerah dan para Kepala OPD.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Headline News

Back to Top