Jumat, 28 Juni 2024

Wakil Ketua ISMAHI Ikuti Seminar Peran Transportasi Laut di Indonesia

Space Iklan Anda

 




JAKARTA, prorakyatnews.com ----- Kamis 27 Juni 2024 wakil ketua mahasiswa hukum seluruh Indonesia ( ISMAHI ), Dedi Sofhan mendapatkan undangan untuk menghadiri seminar dan diskusi publik dengan tema” Peran Teansportasi Laut di Indonesia Sebagai Negara Maritim Menuju Indonesia emas 2045”. Dalam kegiatan tersebut salah satu pemateri dari Pelindo menjelaskan bahwa generasi muda adalah tonggak utama dalam peningkatan ekonomi Indonesia.


Setelah acara sesi tanya jawab waketum ismahi diberikan kesempatan bertanya dan berbincang dengan Dirut pelindo, saat ini kita ketahui bahwa laut merupakan salah satu sumber pendapatan perekonomian Indonesia, tidak hanya dari SDM nya namun dari segi transportasi laut juga sangat menguntungkan dan menjanjikan, termasuk dengan perencanaan pembangunan pelabuhan teluk tapang yang beradu diair bangis kabupaten pasaman barat provinsi Sumatera barat. Dalam hal ini pemerintah sudah mengalokasikan anggaran Rp116 miliar dari pemerintah pusat untuk pembangunan sarana prasarana pendukung pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis pada 2025.


Pembangunan sisi daratnya itu telah dianggarkan dan pembangunannya dimulai pada 2025. Jika sarana pendukung itu selesai maka akan mempercepat operasional pelabuhan itu nantinya. Sedangkan untuk pelabuhannya sendiri telah selesai dibangun, Ia menilai keberadaan Pelabuhan Teluk Tapang di Air Bangis tidak hanya berdampak secara ekonomi bagi Sumbar bagian utara saja tetapi juga bisa berdampak bagi Provinsi Sumatera Utara.


Dengan adanya pelabuhan ini maka akan menunjang potensi bidang perkebunan kelapa sawit yang penghasilannya mencapai 330.881 ton pertahun, jagung seluas 45.523 hektare dengan produksi 4,6 ton per hektar, biji besi, mangan dan lainnya. Bahkan dengan adanya pelabuhan ini maka akan memotong waktu perjalanan yang dulunya panjang, Kita ketahui sendiri pasaman barat sangat kaya akan segala sektor, maka ini akan menjadi satu kesatuan untuk membangun daerah, provinsi dan Indonesia ucap dedi.



Dirut PELINDO juga menegaskan bahwa untuk membantu percepatan Indonesia emas di 2045 ini, maka peran anak muda sangat di butuhkan bangsa ini, kita butuh anak muda anak muda yang benar benar ingin bersinergi dengan kami, kami butuh anak muda anak muda yang bisa melanjutkan pembangunan ini. Jadi kami harap teman teman mahasiswa bisa tampil dan khusus teman teman ismahi harus memberikan masukan mengenai regulasi dan peraturan agar ada sinergitas antara setiap elemen.


Diakhir dedi juga menegaskan bahwa dalam sektor lowongan pekerjaan agar warga negara Indonesia lebih di perhatikan, terkhusus warga sekitar yang terdampak akan aktivitas tersebut, jangan sampai kita membangun bangsa Indonesia tapi membuat masyarakat sekitar sengsara tutup dedi sofhan. ****

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Headline News

Back to Top