Minggu, 10 Desember 2023

SDN 17 Rura Patontang Butuh Perhatian Dinas Pendidikan, Begini Kondisinya

Space Iklan Anda


SDN 17 Koto Balingka di Rura Patontang


Pasaman Barat, prorakyatnews.com ----- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 17  Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat yang berlokasi di Jorong Rura Patontang, sepertinya butuh perhatian Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat. Sebab, kondisinya sangat memprihatinkan. Terutama menyangkut keberadaan sarana dan prasaran (Sarpras) sekolah yang berada di kawasan yang jalannya masih sulit  ditempuh tersebut.
 

Pantauan langsung wartawan media ini ke lapangan, Sabtu 9 Desember 2023,  terlihat sarprasnya masih minim, kondisi ruangannya kurang layak, dan tentunya dikabarkan berpengaruh terhadap kenyamanan dalam proses belajar mengajar di sekolah yang satu- satunya sebagai satuan Pendidikan Dasar di jorong tersebut.

 

Padahal diketahui bahwa untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal diperoleh melalui Pendidikan yang layak, baik mutu, dan  sarana dan prasarananya.

 

Sekolah yang berjarak sekitar 4,5 KM dari Jorong Pegambiran ini berada di sekitar perbukitan dengan kondisi jalan yang masih buruk. Sehingga guru yang berasal dari luar kampung juga akan terkendalamenempuh akses jalan dalam menjalankan tugas terutama menyangkut disiplin jam masuk. Walau semangat mereka kuat dalam mendidik dan meningkatkan mutu pendidikan SDN 17 Koto Balingka itu.

 

Pantauan dan informasi langsung di lapangan, diketahui bahwa keadaan ruangan belajar peserta didiknya masih kurang layak dipakai. Sebab telah mengalami kebocoran atap dan  di sisi tertentu sudah dihinggapi kelelawar. Bahkan tak jarang pada paginya terdapat  kotoran hewan kelelawar. Belum lagi kondisi prasarana dan kelengkapan belajar di kelas yang kurang mendukung.  

 

Salah seorang guru yang asli bertempat tinggal di kejorongan Rura Patontang membenarkan hal demikian. Para guru berharap adanya peningkatan sarana dan prasarananya yang lebih baik ke depan. Walau siswanya memang masih sedikit sekitar 45 orang.

 

“Beginilah keadaan sekolah ini, ruangan belajar masih kurang dan kondisinya masih kurang bagus, juga ada titik yang bocor serta kelengkapannya yang kurang mendukung. namun kami tetap berupaya maksimal mendidik anak anak, “ kata guru yang dijumpai di SD tersebut.

 

Selain kelengkapan kelas yang kurang bagus seperti papan tulis, fasilitas lainnya seperti  kamar mandi dan Wc masih kurang  dan memperhatikan.

 

Masyarakat berharap agar Kepala sekolah SDN 17 Koto Balingka bersama guru –gurunya berupaya lebih keras lagi untuk mencarikan solusi kelengkapan dan perbaikan sarana dan prasarana yang ada. Serta juga meningkatkan kedisiplinan dalam pembelajaran.

 

Sebab, peningkatan sarana dan prasarananya sangat dibutuhkan agar bisa meningkat kualitasnya. Karena iklim belajar di kelas akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan atau manoton.

 

Masyarakat berharap  kepedulian dinas pendidikan untuk meningkat mutu SDN17 Koto Balingka. Begitupun terhadap kepala sekolah dan para guru untuk lebh giat lagi memajukan sekolah tersebut. .

 

Apalagi pendidikan yang baik sangat berperan dalam mengantisipasi kenakalan anak, dan membentuk nilai dan moral serta norma dalam lingkungan masyarakat.

 

Salah seorang peserta didik yang sempat diwawancara  juga berharap sekolahnya lebih bagus lagi, agar semangat belajar lebih tinggi lagi dan lebih menyenangkan.

**** M. Hidayat/ irti z

 

 

 

 

 

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Headline News

Back to Top