Selasa, 12 Oktober 2021

Ketua DPRD Pasbar Minta PTPN 1V Madina Perbaiki Jalan Desa Baru yang Rusak, Ini Alasannya

Space Iklan Anda

 

 Parizal Hafni, Ketua DPRD :Pasbar

Pasaman Barat, prorakyatnews.com-----Diduga karena dilalui kenderaan tanki melebihi tonase jalan, mengakibatkan sebagian jalan di kawasan Kenagarian Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menuju PTPN. IV Madina mengalami kerusakan. Akibatnya, masyarakat disana mengeluhkan kondisi itu kepada DPRD Pasbar.


Kabarnya, sejak lama masyarakat merasa kesal dengan kondisi jalan, namun mereka belum sempat menyampaikan hal itu langsung ke pihak perusahaan.


Mereka lebih memilih menyampaikan aspirasi kepada DPRD Pasbar. Seperti yang mereka sampaikan pada akhir Sepetember lalu. Dan telah dituangkan dalam berita acara rapat pada Senin 27 September 2021. Bahwa masyarakat Desa baru menuntut adanya perbaikan mengenai rusaknya jalan akibat operasional PTPN. IV Madina.



Seperti disampaikan perwakilan masyarakat, Suparno, Wanromi dan Adi Saputra dalam rapat dengan Ketua DPRD Pasbar ketika itu bahwa masyarakat disana mengeluhkan kondisi sebagian ruas jalan Desa Baru yang rusak akibat dilalui kenderaan angkutan tanki CPO  PTP. IV Madina.



Bahkan, kondisi jalan yang ditimbun dengan cadas menimbulkan banyak debu sehingga mengganggu bagi masyarakat. Padahal pada kesepakatan awal, bahan timbunan diambil dari Batang Batahan, namun ternyata ditimbun dengan cadas.


 Ketua DPRD Pasbar minta PTPN IV Madina Perbaiki Jalam yang rusak di daerah Desa Baru Ranah Batahan


Parahnya, timbunan jalan tidak diratakan sehingga masyarakat kesulitan melewati jalan.Sampai ada warga yang jatuh berkendara. Terutama di jalan depan kantor Wali Nagari Desa Baru. Ditambah adanya jalan yang rusak sekitar 1 KM. Namun masyarakat tidak berani menuntut kepada PTP. IV.


Menyikapi hal ini, Ketua DPRD Pasbar Provinsi Sumatera Barat, Parizal Hafni, ST meminta pihak PTPN IV Madina  untuk bertanggung jawab atas kerusakan jalan umum akibat operasional perusahaan di sekitar Desa Baru tersebut. Pihak PTPN. IV juga diminta memberi perhatian terhadap kondisi masyarakat sekitar. Termasuk dalam menunjang kelancaran usaha pertanian di daerah itu.



Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Pasbar, Parizal Hafni sebagai wujud respon terhadap keluhan dan aspirasi yang disampaikan perwakilan masyarakat Desa Baru. Sebagaim mana juga telah diadakan pertemuan di Ruang Kerja Ketua DPRD Pasbar belum lama ini.



“PTPN IV wajib memperbaiki jalan yang rusak akibat mobil tanki PTPN IV yang diatas tonase jalan. Terutama di sekitar Desa Baru yang memgakibatkan masyarakat mengeluh karena kondisi jalan yang buruk, “ kata Parizal Hafni, Senin (11/10/2021).


 Lebih lanjut dikatakan, bahwa memang benar masyarakat Desa Baru telah menyampaikan keluhan mereka kepada pihak DPRD. Bahkan telah diaadakan pertemuan untuk mencarikan solusi terhadap keluhan masyarakat. 


Adapun beberapa poin  kesimpulan dalam pertemuan itu. Pertama, jalan tetap diurus oleh PTPN. IV dan diusulkan peningkatan kelas jalan dari kelas C ke kelas B. Kedua, jika musim kemarau, jalan wajib disiram oleh PTPN. IV Madina.


Ketiga, Bahan timbunan jalan harus diambil dari Batang Batahan kemudian disiran dengan pasir gunung atau Sirtu. Dan keempat, PTPN IV diminta menimbun jalan pertanian masyarakat Desa Baru yaitu jalan PPK Salak Laweh sepanjang sekitar 2 KM. ***irz


Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Headline News

Back to Top